Amazon Ad Tag

07 Agustus 2008

Cuap tentang teror cina (2)

Senen kemaren ternyata polisi kebablasan, ada teroris nabrakin truk lalu lempar granat ke barak polisi. ujung-ujungnya ternyata teroris dari wilayah yang terkenal doyan ribut, yang (lagi-lagi) dihuni penganut agama islam. emang aneh, ekhe ga ngerti. kenapa teroris sukanya nyusup dan berlindung di wilayah yang dihuni para muslim, aman kali ya disana? aparat wilayah sana bertindak kek, aiyaa ... uda mau olimpiade ni.

------------------

16 Polisi China Tewas Dilempar Granat
Senin, 4 Agustus 2008 | 19:34 WIB

BEIJING, SENIN- Dua penyerang menabrakkan truk sampah ke sekelompok polisi yang sedang berolah raga di Kashgar, Xinjiang, China, Senin (4/8) pukul 08.00 waktu setempat. Mereka kemudian melemparkan granat ke dalam barak dan menodong sejumlah polisi dengan pisau.

Ledakan tersebut menewaskan 16 orang dan melukai sejumlah petugas di daerah provinsi rawan konflik tersebut. Menurut Kantor Berita China Xinhua, 14 polisi tewas di tempat, dan dua lagi meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit. Saat ini, polisi telah berhasil menangkap dua penyerang tersebut. Satu di antaranya mengalami cedera kaki.

Pejabat pemerintah setempat menolak memberikan keterangan, tetapi berdasarkan seorang sumber, saat ini kepolisian setempat sedang menginvestigasi kasus tersebut.

Serangan tersebut merupakan salah satu serangan yang paling berani di provinsi Xinjiang, tempat warga Muslim kerap melakukan pemberontakan melawan pemerintah China secara sporadis. Kashgar, atau Kashi dalam bahasa China, merupakan kawasan turis yang pernah menjadi pusat perdagangan di era Jalur Sutera, dan berbatasan dengan Pakistan, Afganistan, serta Kirgizstan.

Sejumlah kelompok Muslim radikal di daerah tersebut menuntut pembentukan negara Turkistan Timur. Minggu lalu, komandan militer senior mengatakan kelompok ini merupakan ancaman terbesar saat Olimpiade 2008.

Sebelumnya, kepolisian di provinsi Xinjiang sudah menerima laporan intelijen mengenai kemungkinan serangan teroris oleh Gerakan Islam Turkistan Timur antara tanggal 1-8 Agustus. Pemerintah China dan Amerika Serikat menganggap gerakan ini merupakan organisasi teroris.

Kelompok Muslim Turki Uighurs, misalnya, telah membuat pemerintah China berang karena selalu membangkang. Setelah serangan-serangan musiman yang dilakukan kelompok tersebut pada tahun 1990-an, pemerintah mengambil langkah tegas dengan menempatkan banyak tentara di daerah tersebut, dan menutup masjid atau sekolah madrasah yang tidak terdaftar.

Masyarakat Uighurs mengeluh karena keputusan tersebut telah memanaskan situasi di Xinjiang. Sebagian dari mereka yang merasa terancam pergi ke Pakistan atau daerah lainnya, di mana mereka memiliki akses lebih luas ke kelompok ideologis ekstrim.

Kelompok militan lain, Partai Islam Turkistan, bersumpah di dalam sebuah video yang beredar lewat jaringan internet untuk mengincar titik terpenting dari perhelatan olah raga terakbar dunia Olimpiade. Beberapa ahli terorisme mengatakan, partai tersebut berbasis di perbatasan China-Pakistan. Para ahli juga menduga, sejumlah anggota partai inti menerima training dari al-Qaida dan Taliban Pakistan.

Analis terorisme dan pihak otoritas China mengatakan, sekitar 100.000 tentara menjaga Beijing dan kota di sekitarnya. Jadi, kelompok teroris tersebut diperkirakan akan menyerang daerah yang kurang dilindungi.

Tidak ada komentar: