Amazon Ad Tag

17 Agustus 2008

Cuap tentang "label asli" palsu

Kalo buat barang palsu, emang cina jagonya. uda jadi image khusus cina yah, pemalsuan barang ini.

---------------------

Mangga Dua Digerebek, Penjual Label Dibekuk
Ardhi Suryadhi - detikinet

Jakarta - Pihak Kepolisian telah melakukan razia di pusat perdagangan komputer Harco Mangga Dua. Dalam aksi itu, penjual label palsu pun dibekuk.

Tepatnya, Kepolisian membekuk jaringan yang menjual dan mendistribusikan label sertifikat keaslian (Certificate of Authenticity/CoA) untuk piranti lunak Microsoft. Sebanyak 30 label yang diduga sebagai CoA palsu disita dalam aksi tersebut.

Brigjen Wenny Warouw, Direktur II Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri, mengatakan penyergapan dilakukan pada 10 Maret 2008 pada pukul 11:30 hingga 16:00 WIB pada toko komputer berinisial WK. Polisi kemudian memperluas razia dengan mendatangi pemasok WK, yaitu One FI yang juga berada di Harco Mangga Dua.

Dalam kasus ini terdapat dua tersangka pelaku, masing-masing berinisial B dan A. Keduanya baru dikenakan wajib lapor dan belum ditahan untuk proses penyidikan.

Sumber CoA palsu tersebut, menurut Wenny, diduga kuat berasal dari Cina dan bukan buatan Indonesia. Kepolisian, lanjutnya, telah menghubungi interpol terkait kasus tersebut. Namun, Wenny enggan mengungkapkan lebih lanjut kerjasama pihaknya dengan interpol.

Anti Suryaman, License Compliance Manager Microsoft Indonesia, mengaku heran bahwa label CoA palsu dijual seharga US$ 70 - 75 per label. "Itu tidak jauh dengan harga software asli Microsoft Windows XP. Paling cuma beda sekitar US$ 5 sudah dapat Windows yang asli," ujar Anti dalam jumpa pers di Warung Daun, Pakubuwono, Jakarta, Kamis (3/4/3008).

CoA merupakan salah satu indikator keaslian piranti lunak yang terpasang dalam sebuah komputer. Anti menjelaskan, CoA asli tak pernah dijual terpisah dari cakram instalasi produk Microsoft. "Jika dijual terpisah, sudah pasti itu palsu," Anti menegaskan.

Tidak ada komentar: