Amazon Ad Tag

07 Agustus 2008

Cuap tentang blokir website (2)

Inget soal blokir internet sama pemerintah cina kemaren ini? ada yang blokirannya dibuka belakangan, tapi yang soal tibet dan falungong atau sejenisnya masih tetap diblok. kejadiannya kalo ga salah sebelum ada berita soal program mata-mata di hotel. ekhe telat postingnya.

----------------

Pemblokiran Situs Dicabut
Mohammad Yanuar Firdaus - detiksport

Jakarta - Pemblokiran beberapa situs saat berlangsungnya Olimpiade Beijing 2008 akhirnya dibatalkan setelah banyak tekanan datang kepada pihak penyelenggara Olimpiade Cina.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak penyelenggara mengeluarkan keputusan pemblokiran beberapa situs yang dinilai bisa mengganggu jalannya Olimpiade karena unsur politis yang ada dalam situs tersebut.

Putusan tersebut kontan direaksi oleh beberapa kalangan, salah satunya dari institusi media. Pemblokiran tersebut dinilai menghambat akses informasi.

Permintaan pembatalan pun dikirimkan dan mendapat sambutan positif dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Isu itu telah diselesaikan. Komisi Koordinasi IOC dan BOCOG bertemu semalam dan sepakat. Penggunaan internet akan sama dengan di Olimpiade lainnya," kata wakil presiden IOC Gunilla Lindberg seperti dilansir Reuters.

Namun demikian masih ada beberapa situs yang akan diblokir karena dianggap tidak memiliki keterkaitan dengan Olimpiade atau yang berbau subversif seperti situs pergerakan spiritual Falun Gong.

"Akan ada pemblokan terhadap laman yang berbau pornografi atau yang dipandang pemerintah sebagai subversif atau bertentangan dengan kepentingan nasional, dan hal itu normal sebagaimana juga terjadi di negara lain di dunia," sambung ketua komisi pers IOC Kevan Gosper.

Tidak ada komentar: