Amazon Ad Tag

09 Februari 2008

Cuap tentang Aiyaaa~! Sincya datang lagi la~

Akhirnya gajian taonan datang lagi! :D Paling ga buat yang belum merit, bisa ngumpulin angpau ke rumah sodara en tetangga. Angpau biasana warnanya merah terang en ada hiasan kuning keemasan, atau paling ga ada huruf cinanya. Buat yang uda merit, kudu ngasi ke yang belum merit. Jadi kasian de yang baru aja merit sebelum imlek, duit abis buat kawinan sekarang uda kudu keluar lagi buat sincya. Makana yang ga mau rugi, meritna abis sincya aja!

Tinggal di Indo emang lucu, taon baru aja bisa sampe 4x setaon. Taon baru nasional yang ngikutin kalender roma, taon baru hijriah yang ngikutin kalender islam, taon baru imlek yang ngikutin kalender cina, dan taon baru saka yang ngikutin kalender hindu. Secara taon baru paling kapitalis itu imlek a.k.a sincya a.k.a xinjia, pasar dagangan en komersil paling banyak juga buat jualan pernak-pernik yang para engko en encim beli buat siap-siap ngerayain. Warnanya pastina penuh dengan merah en kuning, dari lampion, amplop angpao, baju sanghai ala cina daratan, bunga persik, buah jeruk, sampe kerta uang buat dibakar di ritual sembahyangan pas sebelum hari sincya.

Ga pelcaya? You bole tanya engko toko sebela! Kalo ga, sekalian dateng aja ke glodok, pusatna pecinan dari jaman belanda. Pasti penuh sama orang-orang mata sipit cerewet yang nawarna suka ga kira-kira. Itu kalo di jakarta, kalo aselina di daratan sanah, dari seminggu sebelum hari ha juga orang-orang uda pada balik ke kampung halaman buat ngerayain sekaligus sembahyang sebelum en sesudah sincya. Persis pas lebaran islam kalo kata ekhe mah. Liburna juga ga tanggung-tanggung, bisa sampe 1 minggu lebih toko pada tutup!

Kalo dulu pas jaman orde baru yang ngerayain itu cuma kalangan keluarga aja, jaman sekalang mah malah dijadiin ajang promosi en jualan di mol-mol. Kamsia banget buat Gus Dur yang jadiin imlek hari libur nasional pas dia jadi presiden. Haiya! Sekalang jadi bisa ambil cuti buat jalan-jalan deh. Tapi kalo yang ada di otak anak-anak si bukan liburnya, tapi berapa banyak yang bisa didapat taon ini? Lumayan kan, bisa buat beli segala tetek bengek yang uda diilerin ampe ke mimpi. Kapan lagi kan?

Kiong hi kiong hi, aiya!
-----------------------
EKHE BELON SELESAI!

Kemaren ekhe bahas perayaannya, sekalang ekhe mau bahas tetek bengek ga mutunya. Kenapa kalo sincya kudu buat masakan banyak-banyak nyampe 12 macem segala? mentang-mentang shio jumlahnya 12 jadi kudu ngikutin jumlah shio ha? Uda gitu kenapa pula pake acara buang sial segala? potong rambut itu kudu kalo kata apho mah. Kenapa kudu? Kenapa kalo ga mau pake acara dimarahin segala? Apanya yang perlu dimarahin? Emangnya kalo ga mau masak sampe 12 macem en ga mau potong rambut en beli baju baru lantas kudu dimarahin segala? Kadang ekhe ga abis pikir, kenapa orang cina mulutnya suka kaga bisa ditahan, nyerocos aja nyela-nyela anaknya cuma karena hal sepele begini.

Pikir dong, pikir. Buat masak segitu banyak, buat potong rambut model di salon, buat beli baju baru itu perlu duit. Dari kicil uda diajarin buat hidup hemat en atur duit buat nahan diri dari beli yang ga perlu, sekarang ga mau buang-buang duit kalo malah dimarain itu lucu pan.

Tsk, cape ati kalo ketemu olang tua model gini, biar dikata kita cuma ngeliat juga teuteup kasian anaknya. Sin cing ping!

7 komentar:

wintersun mengatakan...

salah lo tat :o
gw blom kawin, tapi ga dikasi angpao juga... adek sepupu gw di kasi...hiks..hiks..hiks.

Cina Murtad mengatakan...

haiya! loe olang bukan cina ngapain ngalepin angpao wa?

mugyacina mengatakan...

neh da gw samperin situ punya blog

wintersun mengatakan...

haiya... cuma olang cina yang bole ngalepin angpao ya?

orang melayu kan butuh duit juga... :o

Cina Murtad mengatakan...

kalo gitu you musti kdu jadi melayu murtad dulu, aiyaa. jadi cina sonoh.

wintersun mengatakan...

ntar deh... kulit gw di pucat-in dulu, trus mata ditarik ke atas biar rada sipit... bicalanya juga alus di-cadel"in la... aiyya... :o

Cina Murtad mengatakan...

wakakaka, long time no see tan :D kemana aja kok di conf ga nongol2 lagi? :D