Amazon Ad Tag

24 November 2009

Cuap tentang Eksekusi Mati

Hore! Pertama-tama mendengar keputusan hukuman bagi para pencemar/koruptor pangan/pebisnis licik ga tau diri yang telah menyebabkan kerugian perorangan yang parah ini hati bersorak kegirangan. Suatu ketetapan yang menunjukkan keadilan bagi para penjahat kemanusiaan (tanpa sadar diberi minum racun kan jahat sekali ...) ini cukup menunjukkan niat pemerintah menegakkan kebenaran (kalau bukan hanya demi membersihkan nama di mata dunia kala saat itu menyelenggarakan Olimpiade yang berisi tipuan vokal dan bencana pencemaran pangan mengandung melamine ini) yang sedikitnya akan meringankan beban negara dari tudingan dan pandangan mencemooh dunia.

Hukuman mati? Tapi mengapa hukuman mati? Bukannya itu tidak manusiawi? Toh pelaku mungkin bukan dengan sadar melamine akan mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya atau sengaja tidak peduli walaupun akan membunuh banyak manusia pada akhirnya (beneran ga tau kan? masa sih sengaja walau uda tau? wew ...). Dan juga bila diberdayakan untuk kemajuan negara kan masih bisa, kerja rodi selama masa waktu penahanan misalnya. Toh yang baru keluar adalah keputusan pengadilan, bukan kabar kepastian telah diberlakukan pelaksanaan hukumannya. Kalau dari kasus sebelumnya sih, seorang koruptor yang dihukum seumur hidup misalnya, akan banyak mengalami pengurangan hukuman sampai akhirnya dapat menghirup udara bebas hanya dengan menjalani hukuman penjara beberapa tahun saja. Tak tahu dengan yang mendapat hukuman mati ini ... kita tunggu saja.

--------------------------

China Eksekusi Mati Dua Pencemar Susu
Selasa, 24 November 2009 | 15:29 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China, Selasa (24/11), mengeksekusi mati dua orang yang terlibat dalam skandal susu tercemar melamin yang menyebabkan enam anak meninggal dunia dan lebih dari 300.000 orang sakit.

Zhang Yujun diekskusi karena membahayakan keamanan umum dan Geng Jinping dieksekusi karena memproduksi dan menjual makanan beracun. Berita tersebut dilansir Kantor berita resmi China, Xinhua. Hukuman mati bagi kedua orang itu telah diputuskan Maret lalu. Xinhua melaporkan, berita eksekusi itu dikeluarkan Pengadilan Tinggi Kota Shijiazhuang. Namun, seorang petugas pengadilan, Selasa, mengatakan, dia tidak dapat memberikan konfirmasi bahwa eksekusi terhadap dua orang itu telah dilakukan.

Kasus susu tercemar melamin itu merupakan salah satu skandal pengamanan makanan terburuk di China. Melamin dapat menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal. Melamin, yang biasa digunakan di pabrik plastik dan pupuk, ditambahkan para pelaku untuk mengencerkan susu demi menipu para penyidik yang akan menguji kandungan protein dan untuk meningkatkan keuntungan.

Tidak ada komentar: