Amazon Ad Tag

16 Maret 2009

Cuap tentang apple

Apel, buah sejuta umat. Penuh nutrisi, vitamin a dan c, zat besi dan rasanya enak. apple, sebuah brand yang dikembangkan untuk memenuhi (atau membuat) kebutuhan bagi penyuka seni grafis, dan desain. Siapa desainer yang ga kenal apple macintosh? Sampai sudah umum sekali istilah "Loe bukan desainer kalo ga pake mac", sebuah brand yang diperkuat oleh perilaku konsumennya. Profesi desainer yang terkait dengan gengsi menggunakan alat bermerk apple yang memiliki prestige tiada tara, dan justru diremehkan di kala tidak mau menggunakannya.

Logo apple yang seperti buah apel berdaun yang tergigit, lambang kejatuhan manusia akan godaan setan dalam sebuah kisah kitab agama. Menjadi obyek sakral yang dikagumi oleh sekian juta perancang grafis. Brand dengan kekuatan dan pengaruhnya, perlu dilindungi, bahkan dijadikan sarana untuk mengekang orang lain agar tidak menggunakannya. Jaman sekarang gambar apel somplak dikit udah dianggap niru logo apple kali ya.

Bagaimana bila memang mirip abis? Bahkan kalau hampir seperti cuma copy paste logonya ke dalam sebuah gambar lain? Kira-kira seperti ini jadinya.

Dari sepintas kita lihat juga jelas, bentuknya persis, dengan bentuk daun yang miring ke kanan dan terpisah dengan apelnya dalam siluet negatif dan coak seperti bekas gigitan yang juga sama letaknya. Okelah logonya bukan hanya) apel, mungkin itu gesper sabuk atau mesin dengan gambar apel di dalamnya ... toh intinya orang akan merasa sendiri kalau gambar apel di dalamnya itu sebuah tiruan. Yang satu sudah didaftarkan sejak 1993 dan dikenal di seluruh dunia sejak sebelum tahun 2000, yang satunya baru didaftarkan tahun 2005 ... dan hanya diketahui di cina. Jelaslah kalau pengadilan memenangkan gugatan, kalau sampai kalah, mau ditaruh dimana muka meinlen?

---------------------------

Kamis, 04/12/2008 06:35 WIB
Apple Menangkan Seteru Buah Apel Ratusan Juta
Fransiska Ari Wahyu - detikinet


Beijing - Untuk kesekian kalinya, Apple terlibat perseteruan di pengadilan gara-gara lambang buah apel. Kini, dalam perseteruan melawan sebuah perusahaan China, Apple dinyatakan menang.

Perusahaan China bernama New Apple Concept Digital Technology Co tersebut diminta oleh pengadilan People's Court di Shenyang untuk membayar ganti rugi ke Apple sebesar US$58 ribu atau sekitar Rp 693 juta karena menggunakan lambang yang mirip dengan lambang Apple.

Seperti dikutip detikINET dari AFP, Kamis (4/12/2008), Apple mendaftarkan merek dagang dan lambangnya saat pertama kali masuk China tahun 1993, dan memperoleh merk dagang eksklusif hingga tahun 2013.

Sementara itu, New Apple Concept Digital Technology dibuka pada tahun 2005 dan menggunakan lambang yang dinilai menyerupai lambang perusahaan Apple.

Masalah pelanggaran hak cipta telah mengemuka di negeri Tirai Bambu ini. Hal ini sering menjadikan perusahaan-perusahaan asing kalang kabut dan berusaha menghadang aksi pelanggaran hak cipta tersebut.

1 komentar:

setanmipaselatan mengatakan...

somplaknya dibikin di bagian lain aja, hohoho...