Amazon Ad Tag

16 Juni 2008

Cuap tentang Angka Cina

aiyaa~! apakah you olang faham soal angka-angka cina? kalo yang ekhe tau, ada beberapa pengucapannya yang mirip dengan arti kata tertentu. makanya kita olang suka ada mitos-mitos sendiri yang dipercaya en diajarin turun temurun.

misal :
nomor 2, dianggap angka baik, soalnya ada pepatah "hal baik datang berpasangan". jadi jangan heran kalo you olang liat huruf dabel hepines/bahagia ganda di angpao angpao buat kawinan kita olang.

nomor 4, dianggap angka paling sial sesial-sialnya. karena bacanya sama seperti kata "mati", dan selalu dihindari buat gedong, nomor rumah, jalan, nomor telepon, tanggal lahir, plat mobil de el el. bayangin aja, satu gedong bisa ilang lantai 4, 14, 24, 34, 44 cuma gara-gara ini. diganti dengan nama laennya, biasanya sih 3a. tapi ekhe juga sering liat lantai 1 diganti jadi ug, en abis lantai 3 langsung lantai 5 di gedong-gedong yang bosnya olang cina. ga percaya? pernah liat ga barang cina yang kodenya ada 4 nya? nokia aja ga ada seri 4 kan? anehnya buat kawin, beda 4 taon dianggap bagus karena kayak kaki meja.

nomor 6, dianggap baik karena mirip dengan kata "lancar/mulus". tapi buat kawin, beda 6 taon itu disumpah-sumpahin lho. katanya sih ciong banget!

nomor 7, dianggap tragis, sedih dan misterius, supranatural, dan takdir, juga kebersamaan. kurang jelas dianggap baik apa buruk.

nomor 8, nah ini yang paling didoyanin ama olang cina. soalny katanya mirip dengan arti kata "makmur/kekayaan", dan secara olang cina itu sejarahnya paling doyan harta (matre) makanya ni angka disembah-sembah banget deh! banyak yang rela bayar mahal buat dapet angka ini buat telepon, nomor rumah, plat, tanggal lahir, lantai kondominium. ampe olimpiade aja disoja-soja buat mulainya tanggal 8 bulan 8 taon 2008 jam 8 menit 8 detik 8. pokoknya 8 itu paling hoki dah! bah.

nomor 9, dianggap tahan lama, baik juga. buat yang doyan agama juga dianggap baik, karena angka paling besar sebelum ulang lagi.

nomor 13, dianggap jelek buat cina yang lebih moderen karena pengaruh barat yang takut angka 13. alasan yang dipake juga karena kalo ditambahin angkanya jadi 4. halah.

kombinasi angka yang dipercaya :
1314 dianggap bagus karena cara bacanya mirip "selamanya". padahal ada 13 dan 4 lho, hayo.
168 dianggap jalan lancar menuju kaya.
518 dianggap keyakinan menjadi kaya, karena cara bacanya mirip "aku akan kaya".

sampe ada istilahnya segala buat yang takut sama angka 4 lho, tetraphobia namanya, takut angka 4. dan bukan cina doang, jepang dan korea juga takut angka 4 tuh. walaupun sethu ekhe jepang ga gitu-gitu amat.

nah, sekalang, ayo kita berhitung dengan angka cina! berhitung, mulai!
1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 8, 9, 10, 11, 12, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 25 ... 38, 39, 50, 51, 52, 53, 55 ... 82, 83, 85, 86, 87, 88, 88, 88, 88 ...

6 komentar:

chigi28 mengatakan...

malah ada temen ekhe yang pake no mobile phone belakangannya kwartet 4 dakuw sech miris liatnya. eh dia malah bilang entu angka cantik ya sutra lah

BlackenedWing mengatakan...

loh, kok ada angka 17 ? Itu kan hasil dari 4 + 13 :P

*kabur*

Cina Murtad mengatakan...

bagi ekhe cantik jg kok :D nomor kok diaminin :D

mei mengatakan...

:)) blognya lucu n bener jg :))
btw kalo buat bisnis kyaknya yg sering dipake angka 9 ya? liat aja djisamsoe :P 2+3+4 = 9 malah jumlah hurupnya aja juga 9..=))

btw salam kenal ;)

Cina Murtad mengatakan...

ada yang doyannya 9 ada yang doyannya 8. intinya sih ada yang percaya dan ada yang manfaatin org yang percaya buat dapet duit. cuma kan balik lagi, apakah produk dji sam soe itu bermanfaat bagi orang lain? adanya malah membunuh secara massal kan? biarin aj tu yang punya sangat banyak dosanya, itu jg kl dia percaya.

anangyb mengatakan...

keren... baru ngerti aku..
aku pasang link ini di fesbukku ya..