Amazon Ad Tag

01 April 2008

Cuap tentang Festival Ceng Beng (Panggil Ghostbuster!)

Festival Ceng Beng (Qing Ming) atau ziarah kuburan dirayain tiap taon, bisa dipastiken lokasi kuburan cina rame n penuh sesak oleh pengunjung dan penjual barang dan jasa pengkuburan (jual bunga dupa n segala). Pada dasarnya dilakukan oleh penganut aliran Konghucu buat menghormati arwah nenek moyang, leluhur yang telah meninggal. Nunjukkin kalo orang cina seharusnya menghormati orang tua, tidak seperti yang terjadi saat revolusi dimana anak muda ngelawan orang tua setelah dipengaruhi politik cuci otak pemerintah cina saat itu yang meninggalkan tradisi demi kemajuan industri.

Sejarahnya, pemujaan arwah oleh orang cina menggunakan ritual yang rumit dan biaya yang mahal, sehingga Kaisar Xuanzong dari Dinasti Tang menetapkan standar upacara pemujaan dengan perayaan arwah di hari itu cukup dengan ngunjungin kuburan. Jadilah Ceng Beng. Petani banyak yang bertamasya bersama pamili, atau mulai membajak sawah di musim semi. Banyak juga yang bermain layangan berbentuk hewan atau karakter khas cina.

Ngomong-ngomong tentang hormatin leluhur, ada kecenderungan baru pada orang cina yang dicuci otaknya oleh ajaran agama tertentu. Hasilnya adalah kebanggaan karena tidak lagi ngerayaain sincya, megang hio, sembahyang, atau ga ke wihara. Plis deh, mo pindah agama kek, ga mo megang hio kek, silahken aja. Ga ada urusannya ngerasa bangga. Emang dasar fanatik mah susah, yang agama satu bilangnya megang hio itu nyembah orang mati, nyembah setan, agama satu lagi bilang ga sembahyang itu murtad, durhaka. Ini cuma tradisi oy!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

cinta murtad,, lo gak bisaa dong hina agama lain n nganggep orang tu salah kalo gak lakuin tradisi,, eh,, li hidup di negara yang msyrktnya berbede2!!! perlu lo tau,, walaupun orang lain beda,,n gak lakuin tradisi sprti yg lo lakuin,, tapi bukan berarti perbedaan itu salah.. n kayaknya lo musti ganti nama murtad lo tu,, karna tu istilah suatu agama,,haha...goblok!!!

Cina Murtad mengatakan...

emang ada agama apa yang ekhe hina? sebut namanya coba :D dan kapan ekhe ada bilang orang ga ngelakuin tradisi itu salah? coba dibaca bae bae sebelum komentar ga mutu, tapi thanks si uda nambahin counter :D yang ekhe ada bilang itu adalah ada agama yang dengan alesan sembahyang itu nyembah berhala jadi ngelarang umatnya buat menghormati leluhur. bedain ye, itu tradisi, bukan agama! itu sembahyang, bukan menyembah! yang ekhe kritik itu pola pikirnya! kalo ekhe mau hina agama, sekalian aja sebut nama agamanya, ngapain repot2. ekhe mau pake nama apa juga hak ekhe, pake sok ngurusin deh ikh :P ngaca dulu atuh kalo mau ngatain orang.