Amazon Ad Tag

12 Januari 2010

Cuap tentang Perhiasan Cadmium

Masih ingat kasus mainan anak-anak yang mengandung timah pada catnya di tahun 2007 dulu? Setelah ditelusuri, ujung mata rantainya berasal dari meinlen. Lalu kasus keracunan makanan dengan kandungan melamine? Oknumnya lagi-lagi orang meinlen. Sekarang muncul kategori perhiasan anak-anak yang mengandung Cadmium, sebuah bahan yang digunakan secara luas pada batere NiCad.

Cadmium bukannya bahan yang cocok untuk digunakan pada barang anak-anak, terutama karena walaupun dilapisi dengan cat, bisa saja mereka terekspos tanpa sadar dengan kandungan beracun ini. Dan seperti diketahui, Cadmium sangatlah beracun, walaupun dalam konsentrasi rendah sekalipun. Yang mengagetkan, ternyata kandungan Cadmium dalam perhiasan yang dibuat cerah dan menarik ini ada yang mencapai 91% (sumber : USA Today).

Bukan hanya itu, kembali ditemukan kandungan timah bersamaan dengan Cadmium di dalam perhiasan jenis gelang dan kalung. Peringatanpun diberikan kepada pihak manufaktur di Asia agar tidak menggunakan bahan beracun lain untuk menggantikan timah pada hasil produksi mereka.

Tidak heran harganya murah, dan selain menarik karena dilapisi cat yang cerah dan memantulkan sinar, termasuk ringan dan terasa seperti memegang plastik. Baru ingat, kemarin ini cimur baru saja membeli gelang yang hurufnya bisa dipilih sendiri. Jangan-jangan mengandung Cadmium konsentrasi tinggi.

Sumber Lokal : Tempo Interaktif

Tidak ada komentar: